Cara Sederhana Memasarkan Usaha Catering

Cara Sederhana Memasarkan Usaha Catering

Artikel ihwal tips trik cara memasarkan perjuangan catering ini merupakan langkah mudah untuk mencari serta menerima pelanggan. Strategi menghadapi sekaligus memenangkan persaingan. Dimana ketika ini tingkat persaingan perjuangan yang melayani pemesanan nasi kotak, tumpeng, paket rantangan, menu prasmanan dll ketat sekali. Hal ini disebabkan karena peluang urusan ekonomi rumahan jasa katering sangat menjanjikan. Tak heran jikalau banyak pengusaha meliriknya. Makara kita perlu kupas tuntas teknik promosi dan pemasaran sederhana namun ampuh guna mendongkrak omzet penjualan urusan ekonomi masakan / makanan ini.


Semua wiraswastawan pasti setuju kalau marketing merupakan salah satu faktor utama keberhasilan. Makara pilar atau soko guru kesuksesan dalam bisnis. Dan untuk memasarkan produk apapun -termasuk juga jasa catering- harus didukung dengan teknik promosi yang efektif. Dengan penerapan taktik mencari pelanggan jitu, anda akan mudah mengalahkan urusan ekonomi katering para pesaing. 

Karena sistem pemasaran yang baik berimbas positif pada peningkatan penjualan. Kaitan dengan perjuangan cateringan tentunya berdampak pada banyaknya jumlah pelanggan yang memesan paket menu masakan kita. Jika ordernya banyak, otomatis laba keuntungan yang masuk dalam rekening kita juga tambah tebal kan?

Nah, taktik apa yang cocok untuk memasarkan produk katering? Ini beliau beberapa trik cara sederhana yang patut dicoba. Digunakan sebagai taktik marketing usaha jasa lain juga oke. Siapa tahu, cara mendatangkan pelanggan ini cocok diterapkan bagi wirausaha jasa pemesanan nasi kotak, nasi tumpeng, nasi rantang, serta katering yang melayani paket menu untuk pesta.

1. Jadikan Konsumen Sebagai Marketing

Cara ini terbukti paling ampuh buat mendatangkan pelanggan baru. Biasanya, konsumen loyal yang puas dengan hasil masakan dan pelayanan penyedia jasa catering akan merekomendasikan pada saudara, rekan dan kenalan mereka. Dan usulan dari orang yang dikenal pastinya lebih terpercaya.

Lalu bagaimana cara mendapat customer setia menyerupai ini? Mudah saja. Pendekatan secara personal. Berikan pelayanan terbaik. Kalau perlu beri hadiah kecil guna menyenangkan hatinya berupa souvenir, mengirim makanan atau bingkisan parcel ketika lebaran. Tak perlu yang harganya mahal. Terpenting menjaga hubungan baik saja.

Kalau anda rela membuatkan laba, dianjurkan memberi persenan pada orang (konsumen) yang jadi perantara. Ini malah lebih rupawan lagi supaya mereka jadi semangat ikut mempromosikan.

Semakin banyak konsumen loyal makin cepat urusan ekonomi katering anda dikenal khalayak ramai. Dari lisan ke lisan orang akan tahu, “oh, itu loh catering si A bagus. Udah masakannya sangat lezat, orangnya ramah, servicenya memuaskan, harganya murah lagi. Kalau pas ada program hajatan, pesan di sana aja. Dijamin tak mengecewakan deh, Jeng...”  Begitu kira-kira suara kasak-kusuk di antara para “marketing tak resmi” kita.

Simpel bukan?

2. Rajin Menawarkan Pada Komunitas Wanita


Tempat berkumpulnya kaum wanita merupakan lokasi paling strategis guna memasarkan catering karena para ibu merupakan ratu soal makanan. Kalau para bapak mah biasanya ngikut apa kata istri soal beginian.

Ada banyak komunitas atau perkumpulan ibu-ibu yang mampu anda “susupi”. Contoh: PKK, Dharma Wanita, arisan, majelis ta’lim dll. Kelompok macam ini sering mengadakan program pertemuan rutin tiap seminggu atau sebulan sekali.

Cara paling efektif ialah dengan aktif ikut serta dalam komunitas tersebut. Saat datang, bawalah tumpuan masakan kita dan biarkan mereka merasakan kelezatannya. Ketika pengecap mereka berdecap keenakan, keluarkan jurus marketing pamungkas anda. Tapi jikalau ternyata sebagian pribadi meringis keasinan, silahkan cepat kabur saja!

Masalahnya mungkin jikalau pemilik urusan ekonomi jasa catering ialah pria. Tak etis kan kalau laki-laki ikut nimbrung di program kaum perempuan?

Tenang, tak usah panik. Ada cara sederhana untuk mengakalinya. Anda mampu minta tolong ibu, saudara atau karyawan perempuan anda untuk mengemban peran ini. Atau bila berani nekad, berdandanlah layaknya wanita!!

3. Manfaatkan Media Online Untuk Promosi

Jaman sekarang siapa sih yang tak punya akun sosmed? Nah, ini celah paling mudah sebagai ajang promosi gratis. Buat grup dan halaman fanpage di facebook, instagram, whatsApp, BBM, Line dan jejaring sosial serta aplikasi chatting lainnya.

Unggah foto-foto hasil masakan anda di sana. Tambahkan caption / goresan pena nama, alamat dan nomor kontak urusan ekonomi katering Anda di foto tersebut. Boleh juga dengan menambahkan resep masakan singkat untuk menarik perhatian pembaca. Tak perlu takut belakang layar resep anda dicuri orang. Toh resep semacam itu juga banyak bertebaran di internet. Lagian biarpun resep sama tapi beda tangan si pemasak, rasanya juga beda.

Selain jejaring sosial, media online lain di internet yang mampu dimanfaatkan sebagai daerah mempromosikan dan memasarkan urusan ekonomi adalah:

  • situs iklan gratis contohnya olx, berniaga, indonetwork
  • marketplace semisal bukalapak, tokopedia, sejasa
  • Web komunitas (kaskus)
  • Membuat blog gratis di blogger (blogspot), wordpress, tumblr dll
Kian mantap jikalau anda undang kru program masak TV untuk meliput kegiatan masak-memasan ke daerah Anda. Keren bukan? (sorry, trik terakhir barusan bukan cara sederhana kayaknya. Susah, euw!!)

4. Jalin Kerja Sama Dengan Event Organizer

Catering, persewaan sound system - alat pesta, jasa shooting & photo, jasa dekorasi, make up merupakan episode penting bagi event organizer. Ini juga kesempatan anda memasarkan usaha. Coba jajaki kerja sama dengan mereka supaya memperlihatkan jatah episode konsumsi pada anda.

Caranya mampu datang pribadi ke kantor EO bersangkutan. Mengirim dokumen surat penawaran via pos atau email. Meskipun mereka mungkin sudah punya rekanan lain, tak ada salahnya dicoba. Jika ternyata harga, kualitas masakan dan pelayanan Anda lebih rupawan dari pesaing yang sudah lebih dulu masuk, tentu jadi materi pertimbangan tersendiri. Sebab, penyedia jasa penyelenggara pesta juga butuh supplier yang mendukung pelayanan prima mereka semoga konsumen puas.

Menjalin kekerabatan dengan penyelenggara program atau pengusaha lain yang berafiliasi dengan kebutuhan katering itu sangat efektif. Mungkin nilai profitnya lebih kecil dibanding end user. Tapi ordernya berkelanjutan sehingga rupawan untuk pemasaran jangka panjang.

5. Buat Label Brand

Memilih nama perjuangan atau brand merk yang unik dan mudah diingat kadang sering diabaikan. Padahal ini juga penting semoga pelanggan selalu ingat dengan brand kita.

Tapi bagi yang terlanjur memilih nama “pasaran” ya lanjutkan saja. Terpenting ialah bagaimana caranya supaya konsumen familiar dengan brand kita.

Yang paling umum dilakukan oleh wirausaha catering ialah mencetak label di kotak kardus daerah makanan dan gelas minuman. Upayakan membuat warna desain menarik dengan gambar yang menggugah selera. Mungkin ini sedikit menambah biaya produksi. Tapi memberi kesan exclusive dibanding hanya membubuhkan stempel atau tanpa label sama sekali.

Fungsi dari penyematan label pada bungkus makanan ialah untuk pemberitahuan pada tamu yang menikmati masakan kita siapa si produsen peracik menu lezat tersebut. Jika pengecap mereka cocok, tentu akan mencatat alamat / kontak telepon yang tertera di label tersebut. Suatu ketika bila mereka hendak menggelar program pernikahan, khitanan, aqiqah dan pesta lain pasti akan menghubungi jasa katering Anda.

Ini yang dinamakan sambil menyelam minum susu. Artinya, mampu berpromosi gratis dengan sampel yang dibayar oleh si tuan rumah (pelanggan).

Untuk pembuatan label, anda mampu mencetak pribadi di bungkus wadah makanan dan minuman atau pesan sticker yang ditempel sesuai keperluan.

Cara sederhana lain untuk promosi perjuangan catering:

  • Cetak banner / panlet lalu di pasang di tepi jalan
  • Membuat brosur dan di bagikan dari rumah ke rumah atau titipkan ke pos satpam perumahan. Boleh juga sewa jasa sebar bosur
  • Tempel sticker di kendaraan umum (angkot, bus)
  • Jadi sponsor untuk event tertentu dengan imbalan pasang umbul-umbul nama perjuangan kita
  • Pasang papan nama besar (neon box) di depan daerah usaha
  • Bayar jasa review untuk memperkenalkan urusan ekonomi kita di blog / website orang lain
  • Pasang iklan berbayar di koran, radio, google adword, PPC dll (kalau ini butuh banyak biaya)

Ribet? Ya, namanya juga usaha. Mana ada yang benar-benar gampang? Tapi yang terpenting dalam urusan ekonomi kateringan nomor 1 ialah rasa masakan. Percuma juga memiliki segudang trik pemasaran dan promosi gencar jikalau hasil masakannya tak enak. So, cita rasa ialah kunci utama sukses dalam perjuangan jasa catering.

Anda punya ilham cara sederhana tapi efektif lain untuk memasarkan dan mempromosikan urusan ekonomi bidang jasa catering? Monggo, membuatkan info pengalaman bagaimana cara supaya paket nasi kotak Anda laris manis dipesan pelanggan. Siapa tahu tips trik pemasaran anda bermanfaat bagi pembaca. Mampu mendongkrak omset dan profit. Kalau mau kirim menu makanan lezat juga boleh.. Semoga ide pemasaran perjuangan katering rumahan ini membantu Anda dalam memenangkan persaingan bisnis. 



Bagikan di medsos: Facebook Twitter Google+

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top