Ini Dia 3 Bidang Usaha Yang Menjanjikan di Kampung

Ini Dia 3 Bidang Usaha Yang Menjanjikan di Kampung

Ini Dia 3 Bidang Usaha Yang Menjanjikan di Kampung - Usaha yang menjanjikan di kampung bergotong-royong sangatlah banyak. Meskipun lingkungan di kampung tidak sekomsumtif di kota, namun tetap saja beberapa kebutuhan yang tidak bisa mereka hasilkan sendiri sangat mereka butuhkan. Inilah potensi urusan ekonomi yang perlu Anda gali. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus bisa menemukan peluang urusan ekonomi tersebut. Sebagai bantuan, berikut ini beberapa ilham perjuangan yang bisa Anda kembangkan di kampung dan mempunyai peluang untuk sukses.

Ini Dia 3 Bidang Usaha Yang Menjanjikan di Kampung

1. Bisnis di Bidang Pertanian dan Peternakan

Kultur pedesaan sangatlah kental dengan pertanian dan peternakan. Oleh alasannya yakni itu, menyebarkan urusan ekonomi di bidang ini sangat potensial untuk Anda kerjakan. Berikut ini beberapa urusan ekonomi bidang pertanian dan peternakan yang bisa Anda garap :

  • Menjual beras, sayur mayur mentah, dan buah-buahan. Meskipun banyak orang desa yang menanam sendiri kebutuhan pangan mereka, namun ada juga penduduk yang harus membelinya. Nah, perjuangan Anda ini memang dikhususkan untuk membidik penduduk yang tidak mempunyai lahan untuk bercocok tanam, sehingga harus membeli segala kebutuhan pangan mereka di warung. Dalam hal ini, Anda bisa mengambil barang dari petani langsung. Atau, kalau Anda mempunyai lahan luas, menanam sendiri padi, sayur mayur, dan buah-buahan akan lebih menghemat biaya produksi Anda, yang berarti akan memperbesar keuntungan yang Anda dapatkan.
  • Mengembangkan akal daya ikan menyerupai lele, belut, dan sebagainya. Dalam hal ini, Anda bisa menjualnya dalam kondisi hidup. Sehingga, bisa dibilang, Anda yakni petani peternakan. Selain menjual eksklusif kepada masyarakat, Anda bisa bekerja sama dengan pemilik warung untuk menyalurkan hasil akal daya Anda.
  • Mengembangkan peternakan ayam. Lahan yang luas sangat potensial untuk menyebarkan pertenakan ayam. Dari peternakan ini, Anda bisa menjual banyak sekali produk ayam, mulai dari menjual ayam hidup, menjual dagingnya, hingga menjual telurnya.

2. Bisnis di Bidang Perniagaan

Selain pertanian dan peternakan, Anda juga menyebarkan perjuangan di bidang perniagaan. Beberapa pola perniagaan yang bisa Anda kembangkan antara lain :

  1. Membuka toko pertanian dan peternakan.
  2. Membuka toko kelontong.
  3. Membuka warung makan.
  4. Membuka konter pulsa.
  5. Membuka toko tambahan emas
  6. Menjadi pengepul dari petani yang memproduksi hasil buminya.

Semua perjuangan tersebut sangat potensial untuk menerima keuntungan yang besar. Memang diperlukan modal lebih dahulu untuk menjalankan perjuangan ini. Namun, jangan khawatir. Modal yang Anda keluarkan tersebut akan dengan cepat kembali, bahkan plus keuntungan yang berlipat.

Namun, dalam menjalankan perjuangan ini, yang tetap harus Anda ingat yakni jangan hingga merugikan pihak petani. Saat Anda menjadi pengepul, berikan harga sewajarnya yang sebanding dengan keringat yang telah beliau keluarkan. Dan, ketika Anda menjual kembali barang tersebut, berikan harga standar.

Dengan begitu, sirkulasi barang dagangan Anda akan lancar. Meskipun menerima keuntungan sedikit, namun laris setiap saat, lama kelamaan keuntungan yang Anda dapatkan akan berlipat ganda. Begitu juga dengan urusan ekonomi penjualan pulsa. Meskipun di pedesaan, kebutuhan akan pulsa sangatlah urgent bagi mereka, mengingat hampir semua orang ketika ini sudah memiliki handphone.

3. Bisnis di Bidang Jasa

Bidang jasa juga bisa Anda bidik sebagai ladang perjuangan Anda yang menjanjikan. Beberapa pola urusan ekonomi bidang jasa antara lain :

  • Persewaan mesin pertanian. Beberapa mesin pertanian yang biasanya diperlukan petani antara lain traktor, mesin gilingan padi, pemotong kayu, mesin pemanen padi, dan masih banyak lagi. Mengingat harga dari mesin-mesin tersebut sangatlah mahal, alternatif menyewa bisa menjadi peluang untuk urusan ekonomi Anda.
  • Membuka jasa penjahitan baju. Potensi jasa ini sangatlah bagus, mengingat harga jual baju di toko pasti lebih mahal daripada menjahit sendiri.
  • Membuka jasa bengkel motor. Jika Anda mempunyai keahlian di bidang mesin, bisa membuka jasa bengkel motor. Jangan ditanya, di pedesaan pun, sebagian besar penduduknya sudah mempunyai sepeda motor.

Jika Anda telaten dan siap untuk bekerja keras, ketiga bidang urusan ekonomi di atas akan menunjukkan keuntungan besar untuk Anda. Jangan remehkan masyarakat desa. Meskipun terbiasa hidup sederhana, namun mereka tetap membutuhkan beberapa kebutuhan yang tidak bisa mereka produksi sendiri. Nah, tinggal peran Anda untuk mencari peluang tersebut. So, jangan takut untuk menjalankan perjuangan yang menjanjikan di kampung.


Bagikan di medsos: Facebook Twitter Google+

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top