Tips Agar Bengkel Mobil Ramai Pelanggan

Tips Agar Bengkel Mobil Ramai Pelanggan

Bagaimana cara semoga bengkel kendaraan beroda empat ramai pelanggan? Sudah 1 bulan buka perjuangan servis kendaraan beroda empat tapi masih sepi. Hanya 1-2 konsumen yang datang, itupun dari kalangan sobat bersahabat sendiri. Kalau begini terus, mampu melarat urusan ekonomi bengkel kendaraan beroda empat saya.” Begitu kata keluh kesah seorang rekan yang lagi bingung alasannya yaitu usahanya belum memperlihatkan hasil memuaskan
taktik seni administrasi menjalankan perjuangan jasa servis kendaraan
strategi mencari pelanggan bengkel kendaraan bermotor
Sambil bercanda sayapun kasih tips seni administrasi jitu. Gampang. Trik taktik paling efektif mendatangkan konsumen ke bengkel kendaraan beroda empat kau yaitu menggratiskan semua layanan. Mulai ongkos jasa servise, ganti olie, beli spare part... semua tidak usah bayar. Dengan cara ini, tidak usah repot mencari pelanggan, mereka akan datang sendiri ke bengkel kendaraan beroda empat kamu!

“Tanggung amat, dibakar saja sekalian biar ramai,” selorohnya seraya tersenyum kecut. Sebagai pengusaha pemula, sepertinya rekan satu ini butuh suntikan motivasi dan solusi atas duduk perkara yang dihadapi. Yuk kita bantu menemukan jalan keluar biar perjuangan bengkel servis mobilnya ramai. Kalau ramai pelanggan otomatis kan laba keuntungan yang didapat juga besar
 

Tips kunci sukses urusan ekonomi bengkel kendaraan beroda empat mengatasi duduk perkara sepi pelanggan

Masalah sepi pelanggan pada urusan ekonomi bengkel kendaraan; kendaraan beroda empat atau sepeda motor yang gres bangun yaitu hal biasa. Semua perjuangan kalau masih dalam tahap awal merintis atau memulai ya memang begitu. Semua butuh proses. Ada tahap langkah yang harus dilakoni dalam menjalankan usaha. Bagaimana mau ramai pelanggan kalau belum dikenal masyarakat luas. Diperlukan kesabaran, kerja keras dan seni administrasi jitu untuk memasarkan urusan ekonomi bengkel mobil

Cara meramaikan perjuangan bengkel mobil, kuncinya hanya satu: pelayanan memuaskan pada pelanggan. Sebagai jenis perjuangan di bidang jasa, faktor kepuasan customer yaitu kunci sukses bengkel servis mobil. Berlaku juga untuk bengkel modifikasi,ketok magic, las teter, body repair, cat, AC, salon cuci, rental kendaraan beroda empat serta urusan ekonomi sektor jasa otomotif sejenis

Ada 4 faktor utama yang jadi tolok ukur pelayanan bengkel kendaraan beroda empat cantik atau jelek di mata konsumen. Yaitu: kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan. Jika ke-4 prinsip dasar tadi berhasil diterapkan dalam intern managemen, cepat atau lambat nama baik bengkel kendaraan kita akan menyebar dari verbal ke mulut. Pelanggan yang puas akan merekomendasikan pada orang yang mereka kenal. Itu yaitu cara alami yang paling ampuh dan akan bertahan lama untuk menjaring pelanggan

Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan untuk memenuhi kriteria sebagai bengkel kendaraan beroda empat yang cantik sehingga ramai pelanggan? Jelaskan secara konkrit disertai contoh!

Rekrut mekanik / montir kendaraan beroda empat yang benar-benar ahli

Jika Anda masih dalam taraf berguru mengutak-atik mesin mobil, jangan coba-coba menangani sendiri perbaikan kendaraan milik pelanggan. Ingat, mereka datang untuk men-serviskan mobilnya semoga nyaman dikendarai, bukan untuk dijadikan sebagai materi praktikum. Kalau alhasil justru kerusakan makin parah, mampu dipastikan beliau tidak akan pernah datang kembali. Resiko terberat apabila ketemu pelanggan nyinyir, ketidakpuasannya dishare ke sosmed. Nama perjuangan Anda akan hancur karenanya. Mau melaporkan ke polisi atas tuduhan pencemaran nama baik? Ngaca dulu!

Jika perjuangan Anda masih kecil, setidaknya harus memiliki 1 orang yang benar-benar ahli. Maka harus selektif dalam merekrut karyawan. Lebih baik menggaji sedikit tinggi 1 orang montir berpengalaman daripada membayar murah 2-3 mekanik amatiran. Karena keuntungan mempekerjakan montir hebat adalah:
  1. Pekerjaan cepat simpulan -> pelanggan tidak terlalu lama menunggu
  2. Hasil pekerjaan lebih detail dan cantik -> pelanggan suka -> merekomendasikan ke sobat -> banyak konsumen lain datang -> bengkel jadi ramai -> keuntungan bertambah

Hal ini terkait dengan faktor kecepatan dan ketepatan. Coba posisikan kita sebagai konsumen. Pasti akan memilih bengkel kendaraan beroda empat yang cepat simpulan dan alhasil bagus.

Layani pelanggan dengan ramah

Karakteristik orang itu beda-beda. Ada yang ramah / judes, pendiam / cerewet, royal / pelit, baik hati / menyebalkan , lugu / sok tahu. Sebagai pengusaha jasa, kita harus tabah menghadapi banyak sekali abjad konsumen. Sedongkol apapun dalam hati, usahakan untuk melayani dengan senyum ramah.

Gunakan tutur kalimat santun dalam melayani konsumen. Kata-kata maaf, selamat pagi-siang-sore, ada yang mampu kami bantu? terima kasih akan membuat mereka merasa dihargai. Hindari ucapan bergairah seperti: banyabicara lo!, berisik amat! gak usah ikut campur! Sudah ditungguin aja dulu ntar juga beres. Kalau sama sobat kental sih mungkin mereka tahu kita bicara menyerupai itu hanya bermaksud untuk bercanda. Tapi kalau customer baru? Pasti pribadi balik setir kiri, bye...

Celakanya, tidak semua montir itu pandai berbasa-basi. Maka, dikala konsumen bicara pada mekanik yang lagi memperbaiki mobilnya, sebaiknya Anda dampingi. Tujuannya semoga Anda mampu membantu menjelaskan dengan bahasa yang sekiranya tidak menyinggung perasaan. Jangan hingga alasannya yaitu faktor kelelahan, montir kita bicara bergairah pada pelanggan. Kita juga yang rugi. Sebab, sebagus apapun hasil pekerjaan kita, kalau dilayani dengan judes, orang ogah balik lagi. Kapok coy!

Buat suasana ruang tunggu yang nyaman

Kita mampu menyontek lay-out tata ruang bengkel kendaraan beroda empat besar yang ramai pengunjung. Biasanya kriteria / ciri-cirinya yaitu sebagai berikut:
  1. Tempatnya cukup luas dan bersih
  2. Ruang tunggu dan area service dipisah oleh sekat beling atau materi tembus pandang lain sehingga konsumen tidak merasa bising namun mampu melihat pengerjaan kendaraan miliknya
  3. Ruang tunggu dipisah jadi dua bagian. 1 ruangan full AC dan 1 ruang smoking area khusus buat pelanggan yang suka ngasap
  4. Kursinya nyaman buat duduk dan jaraknya tidak terlalu rapat
  5. Menyediakan kemudahan wifi gratis, TV, air minum mineral gratis, bacaan koran atau majalah otomotif dan sarana pendukung lain

Tempat yang nyaman mutlak bagi bengkel kendaraan beroda empat yang membidik segmen pasar kalangan menengah ke atas. Tapi jikalau belum mampu menyewa daerah sesuai kriteria, ya usahakan menata suasana bengkel sebaik mungkin. Jangan terlalu kotor, semrawut, berantakan yang bikin pelanggan tidak betah

Cara mencari pelanggan dan memasarkan urusan ekonomi bengkel kendaraan beroda empat lain:

Untuk melengkapi 4 faktor utama dalam upaya meramaikan bengkel mobil, berikut ini tips singkat cara mencari pelanggan atau seni administrasi pemasaran yang juga penting:

Promosi / iklan

Promosikan perjuangan bengkel modifikasi,ketok magic, las teter, body repair, cat, AC, salon cuci, rental kendaraan beroda empat serta urusan ekonomi sektor jasa otomotif lain. Banyak media online maupun offline yang mampu kita manfaatkan, baik itu yang gratisan atau pasang iklan berbayar.

Media offline untuk promosi bengkel kendaraan beroda empat contohnya: pasang spanduk, baliho, banner, papan nama, iklan koran, radio, sebar brosur dll

Media online untuk promosi bengkel kendaraan beroda empat di internet. Contohnya sosial media (FB, Instagram, Twitter, Google plus, WhatsApp, Telegram, Line, Pinterest, LinkedIn). Buat website company profile (optimasi SEOnya semoga masuk halaman pertama mesin Google). Iklan di situs iklan baris gratis (OLX). Gabung dan aktif di forum diskusi otomotif di internet (kaskus, forum otomania dll). Pasarkan di marketplace Indonesia (Bukalapak, Tokopedia, Blibli)

Tapi harus diingat. Promosi gencar hanya akan efektif untuk menjaring pelanggan baru. Untuk menjadikannya sebagai pelanggan loyal, permorma, kualitas dan layanan bengkel kendaraan beroda empat kitalah yang jadi kunci utamanya. Percuma jor-joran iklan dimana-mana jikalau kualitasnya buruk. Maka sebelum promosi gencar, perbaiki dulu kinerja bengkel kita.

Perhatikan harga pesaing

Sebenarnya harga bukan faktor utama pelanggan menggunakan jasa servis kita. Orang akan rela merogoh kantong membayar sedikit mahal untuk layanan yang memuaskan. Tapi, jikalau gap selisih harga dengan pesaing terlampau tinggi, konsumen akan mencari bengkel lain.

Konsumen cenderung memilih harga murah untuk kualitas jasa yang setara. Contohnya kita patok tarif 300 ribu untuk servis rutin kendaraan. Sedang pesaing hanya pasang harga 200 ribu untuk jenis servis dan kualitas yang tidak beda jauh. Kira-kira urusan ekonomi kita akan dilirik pelanggan tidak?

Beda lagi kalau kita punya spesifikasi jasa khusus yang tidak dimiliki pesaing. Modifikasi kendaraan beroda empat misalnya. Mau mematok tarif selangit juga pasti dibayar asalkan mereka cocok dan puas

Jadi patok tarif yang wajar saja. Tidak terlampau murah atau mahal dari harga pasaran
“Kualitas pelayanan yaitu kunci utama dalam pemasaran jasa servis mobil. Jika ingin bengkel kendaraan beroda empat anda ramai kebanjiran pelanggan, buatlah mereka puas!”
Demikian artikel ulasan trik-tips cara menggiring pelanggan untuk meramaikan bengkel mobil. Strategi marketing sederhana ini mampu diterapkan pada jenis perjuangan di bidang jasa otomotif lain. Contohnya untuk memasarkan urusan ekonomi bengkel sepeda motor, modifikasi mobil, karoseri, ketok magic, las teter, body repair, cat, AC, salon basuh mobil, jasa pemasangan audio mobil, rental kendaraan beroda empat dll. Salam sukses dalam menjalankan usaha! Baca juga: Daftar wangsit peluang perjuangan dibidang otomotif

Bagikan di medsos: Facebook Twitter Google+

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top