Ingin urusan ekonomi jasa servis kendaraan roda dua kita laris manis? Cara mengelola perjuangan bengkel sepeda motor itu mudah. Tidak sesulit yang dibayangkan. Taktik taktik semoga bengkel motor ramai pelanggan hanya butuh 1 syarat: memenuhi kriteria yang diinginkan oleh sebagian besar konsumen. Ciri-cirinya: bagus, cepat, murah dan memuaskan. Itu saja kunci sukses menjalankan urusan ekonomi di bidang jasa, termasuk jasa servis motor.
Rumus sukses berbisnis bengkel motor: Hasil jasa servis bagus, cepat, murah -> pelanggan puas -> konsumen rekomendasi ke sahabat -> bengkel laris -> omset naik -> keuntungan bertambah -> duit mengalir ke rekening
Simpel kan? Cara menjalankan perjuangan bengkel sepeda motor teorinya memang gampang. Prakteknya yang rada susah. Tanya sama pemilik bengkel motor yang telah sukses. Pasti dongeng jatuh berdiri mereka waktu mulai membuka perjuangan tidak kalah seru dengan sinetron Anak Jalanan. Sepi pelanggan, kena komplain, ditinggal montir kepercayaan, salah pasang onderdil yaitu teladan tantangan yang harus dihadapi dalam dunia perjuangan perbengkelan
Santai. Tetap semangat alasannya yaitu peluang urusan ekonomi bidang otomotif prospek ke depan sangat bagus. Semua problem dan tantangan pasti ada jalan keluarnya. Solusi untuk berbagi perjuangan bengkel motor supaya laris hampir sama dengan cara semoga bengkel kendaraan beroda empat ramai pelanggan. Dan itu sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya – klik goresan pena warna biru untuk menuju link yang dimaksud. Hanya ada sedikit perbedaan, diadaptasi dengan segmentasi pasar yang ditarget.
Tips 1: Utamakan kepuasan pelanggan
Dalam menservis sepeda motor pelanggan, berpikirlah bagaimana cara semoga mereka puas. Berikan pelayanan terbaik. Buat konsumen merasa cocok dengan hasil kerja kita. Jika pelanggan sudah sreg, saya jamin akan jadi langganan tetap dan tidak akan berpaling ke lain hati. Mereka pasti akan kembali lagi dikala kendaraannya mengalami kerusakan atau sekedar servis rutin. Minimal setahun sekali pemilik motor akan datang buat ganti olie, rantai, gear, ban, isi minyak rem, membersihkan karburator dsb
Itu kunci sukses utama dalam mengelola perjuangan bengkel motor. Makin banyak pelanggan tetap, nama bengkel kita akan makin terkenal seantero kota. Teman-teman mereka akan ikut mencoba membuktikan, beneran bagus tidaknya hasil servisan kita. Jika sudah begitu, tanpa perlu promosi besar, bengkel motor kita akan laris + ramai garapan. Pokoknya tidak mengenal kata sepi deh
Sekarang tinggal bagaimana caranya untuk memenuhi kriteria sebagai bengkel sepeda motor yang bagus, disukai pelanggan dan layak direkomendasikan oleh masyarakat itu? Ini ulasan singkatnya. Untuk lebih detailnya silahkan meluncur pada post terdahulu
- Kecepatan -> Tambah jumlah karyawan (mekanik dan asisten) -> pekerjaan cepat selesai -> pelanggan tidak menunggu terlalu lama -> pelanggan suka
- Ketepatan -> Rekrut montir yang benar-benar pintar memperbaiki motor. Jadikan anak gres lulus STM sebagai ajun saja sebelum naik pangkat -> setelan komponen sempurna -> hasil servis secara keseluruhan bagus -> motor nyaman dikendarai, larinya kenceng, anti mbrebet -> konsumen puas, acungkan dua jempol ke atas
- Keramahan -> layani dengan bibir senyum, ramah, kata-kata sopan -> pelanggan merasa dihargai
- Kenyamanan -> Setting ruang tunggu yang nyaman -> pelanggan betah layaknya di rumah -> pulang bawa motor hasil servis makwuz..! – Hati puas -> share di sosmed -> Like!
Tips 2: Berikan nilai lebih pada konsumen
Faktor diatas akan membuat pelanggan semakin loyal dan tidak ada celah bagi pesaing untuk merebutnya bila ditambah nilai plus berikut ini:
- Bengkel serba bisa. Mampu memperbaiki segala jenis dan merk sepeda motor. Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Vespa, Harley, Mocin, motor niaga hingga motor bau tanah semua bisa ditangani
- Harganya pas di kantong semua kalangan. Artinya tidak terlalu mahal. Masih terjangkau bagi kaum buruh, pelajar, mahasiswa dan masyarakat menengah ke bawah
- Memberikan diskon khusus bagi pelanggan tetap. Tidak pelit menunjukkan hadiah kecil semacam sticker atau souvenir
- Menyediakan peralatan dan perlengkapan serta komponen, onderdil atau spare part komplit. Minimal onderdil yang paling sering harus diganti. Contohnya: olie mesin, air accu, busi, ban, kampas rem, gear, rantai, bearing, shock breaker dan sejenisnya
- Memberikan garansi akan diservis ulang bila konsumen merasa masih ada keluhan setelah motornya diperbaiki. Umumnya waktu garansi yang diberikan 1 minggu, maksimal hingga 1 bulan.
- Pemilik dan mekaniknya gaul. Tidak pelit ilmu dikala diajak diskusi soal otomotif. Aktif dalam komunitas anak motor. Ini memiliki kegunaan untuk menjalin ikatan emosinal antara penyedia jasa (produsen) dengan konsumen.
Tips 3: Terapkan sistem administrasi yang baik
Pemilik bengkel motor sering tidak peduli dan cenderung mengabaikan sistem administrasi dalam menjalankan usaha. Padahal untuk berbagi usaha, memanage urusan ekonomi selagi masih kecil itu penting. Paling tidak harus menata hal berikut ini
Manajemen SDM
Skill keahlian montir dalam memperbaiki kendaraan yaitu jualan utama dari perjuangan bengkel motor. Ada beberapa bengkel motor eksklusif kolaps setelah ditinggal pergi montir andalannya. Hal ini harus dipikirkan langkah antisipasinya. Jangan hingga posisi kita lemah alasannya yaitu tergantung pada 1 orang karyawan saja.
Bagi pemilik bengkel yang jago mengutak-atik mesin kendaraan mungkin no problem. Dia bisa menghandle pekerjaan untuk sementara. Namun bagi pengusaha yang hanya mengandalkan tenaga mekanik, tentu jadi problem besar. Maka, kemampuan memanage sumber daya insan (SDM) diperlukan. Teknik sederhananya adalah
- Beri gaji yang layak semoga montir tidak pindah kerja ikut bengkel lain
- Pekerjakan lebih dari 1 montir handal sehingga dikala yang 1 resign, masih ada tenaga jago lain / serep.
- Mendorong para ajun / kenek montir berguru semoga punya ketrampilan setara dengan para seniornya
Managemen keuangan
Pandai-pandailah mengatur keuangan. Pisahkan keuangan perjuangan dengan keuangan pribadi, jangan dicampur-aduk jadi satu. Jangan lakukan kesalahan yang paling sering jadi penyakit usahawan yaitu: ambil kredit pemberian ke bank untuk keperluan konsumtif. Misalnya buat royal bergaya hidup mewah, belanja ini itu, piknik ke luar negeri, hura-hura, main, minum atau memelihara WIL
Kesalahan dalam mengelola keuangan bisa berakibat fatal. Ini berlaku buat bisnisman apa saja, bukan hanya pengusaha bengkel motor saja. Tidak perlu dijelaskan dampak buruknya, semua orang pasti tahu. Banyak teladan pengusaha melarat gara-gara tersandung problem kredit macet. Logikanya, bagaimana bisa nyicil angsuran kalau peruntukannya bukan pada tempatnya. Cara berbisnis paling aman sih pakai modal sendiri buat pengembangan usaha, kalau bisa...
Manajemen Marketing
Bengkel sepeda motor termasuk salah satu jenis perjuangan bersifat lokal yang pemasarannya tidak terlalu sulit. Tidak memerlukan promosi besar buat mencari pelanggan. Lihat saja, jarang kita temukan iklan bengkel sepeda motor di jalanan maupun di dunia maya. Karena ibarat telah kita sebut diawal, kunci sukses urusan ekonomi bengkel otomotif itu terletak pada kepuasan konsumen
Namun bagi bengkel motor yang gres berdiri, tidak ada salahnya mempromosikan biar cepat dikenal orang. Caranya sudah dibahas pada kesempatan sebelumnya. Antara lain:
- Promosi online di internet maupun offline di jalanan
- Jadi sponsor pada event otomotif di kota Anda
- Jalin relasi baik dengan pelanggan. Beri fee pada orang yang membawa konsumen pada bengkel motor kita
"Pelanggan yaitu penjual paling efektif untuk memasarkan produk barang maupun jasa yang kita tawarkan pada pelanggan lain"Itu tadi info wacana cara menjalankan / mengelola perjuangan bengkel sepeda motor. Semoga bisa jadi solusi untuk meramaikan daerah servis kendaaan Anda laris manis. Kesimpulannya: Pelanggan tidak usah dicari, mereka akan datang sendiri bila hasil kerja kita memuaskan. Itulah cara memasarkan urusan ekonomi bengkel motor yang efektif bisa menarik minat konsumen. Kata lain, cara membuat nama bengkel servis motor jadi terkenal. Salam tancap gas lancar jaya!