Fungsi dan manfaat humor dalam bisnis bagi pengusaha – Apa hubungannya humor dengan bisnis? Si Om ini suka bercanda deh. Pengusaha itu kerjanya mengurus dunia wirausaha, bukan dunia ketawa. Memangnya pelawak atau pelawak? Tak lucu, ah!
Serius, ini bukan lelucon. Pandai membuat dongeng kocak itu bermanfaat bagi wirausahawan, marketer, motivator, staff humas, negosiator urusan ekonomi dan pelaku perjuangan yang berkomunikasi eksklusif dengan konsumen maupun relasi.
Kenal Jaya Suprana, boss jamu Jago? Dia ialah pengusaha sukses ternama yang lebih suka disebut humorolog ketimbang pebisnis. Andai orangnya tidak jenaka dan humoris, mungkin tidak sekondang ini
ekspresi lo ketika gagal melucu |
Fungsi dan manfaat humor dalam urusan ekonomi terutama sebagai bumbu dalam menjalin komunikasi bisnis. Dalam kata pengantar untuk bukunya berjudul: “Complete Speakers Galaxy of Funny stories, Jokes and Anecdotes” Winston K. Pendleton menyatakan:
Ketika Anda menyelipkan humor dalam pidato, memberikan materi dalam seminar atau pembicaraan urusan ekonomi dengan client, Anda akan tampak menyerupai koki ulung. Dengan menambahkan sejumput garam, sayur, penggalan daging, bumbu serta rempah-rempah, sup kental yang cuek akan menjelma makanan yang gurih nan lezat. Semua orang yang merasakan akan berdecak kagum dan memuji Anda
Itulah sebabnya para trainer dan motivator urusan ekonomi terkenal menyerupai Mario Teguh sesekali melemparkan joke-joke segar di depan audiens. Tujuan dan fungsi utamanya terperinci bukan untuk mengocok perut penonton. Stand up comedy, kalee...!!
Fungsi Humor dalam Bisnis
Fungsi sedikit menyelipkan lelucon dalam pertemuan urusan ekonomi hanyalah sebagai bumbu komunikasi yang bersifat kondisional. Artinya kita harus melihat siapa yang kita ajak berbicara. Situasi dan kondisi ketika itu bagaimana. Bahan gurauan yang sempurna itu menyerupai apa dan lain sebagainya.
Inilah uraian singkat fungsi humor dalam bisnis
- Bagi pengusaha / pimpinan perusahaan, humor berfungsi untuk mencairkan suasana ketika memimpin rapat di ruang meeting dengan staff karyawan
- Membuat lawan bicara merasa nyaman dan pembicaraan tidak berlangsung kaku ketika membahas problem kerja sama urusan ekonomi dengan rekanan kerja
- Bagi marketer, fungsi jokes ialah untuk mensugesti calon pelanggan biar membeli produk barang maupun jasa yang ditawarkan dengan harga tinggi tanpa banyak menawar
- Bagi trainer atau motivator bisnis, menyelipkan lelucon segar itu gunanya biar akseptor training tidak bosan dengan materi yang njelimet. Supaya penonton lebih menyerap serta memahami apa yang disampaikan pemateri. Dan yang pasti, biar akseptor tidak tidur semua
- Menjalin kedekatan secara personal dengan client karena merasa kita sebagai pengusaha dinilai sebagai sosok yang menyenangkan
- Mengurangi ketegangan ketika mempresentasikan keunggulan produk atau perusahaan kita pada calon investor
Manfaat Humor Bagi Pengusaha
Manfaat humor bagi pengusaha ialah sebagai berikut
- Dapat mengurangi perasaan grogi ketika berhadapan dengan siapapun
- Memupuk rasa percaya diri ketika berbicara dengan semua orang
- Mudah untuk menjalin komunikasi dan bergaul dengan siapa saja
- Memberi kesan positif sebagai pribadi yang unik, mengesankan dan enak untuk diajak berbisnis
- Mudah diingat oleh orang yang gres dikenal sekalipun karena menyerupai suara iklan deodorant: kesan pertama begitu menggoda... selanjutnya, deal!!
- Selalu dirindukan kehadirannya di kantor oleh semua staff
Tips Berkelakar bagi Pebisnis
Setelah membahas perihal nilai positif bagi pengusaha humoris, saatnya kita ulas bagaimana tips menyelipkan gurauan ringan dalam pembicaraan serius.
Awali pembicaraan Anda dengan sebuah lelucon atau anekdot untuk menarik perhatian. Misalnya dengan mengatakan, “maaf, saya sedikit terlambat. Sepertinya saya harus pergi lagi untuk beli jam tangan yang gres biar mampu datang lebih cepat.”
Kemudian ceritakan pengalaman pribadi yang lucu untuk mengadakan kontak dengan pendengar Anda dan menjadikan mereka santai. Tapi perlu diingat, kisah kocak yang diceritakan harus sesuai dengan apa yang sekiranya lawan bicara pahami. Menceritakan lelucon diluar jangkauan pendengar justru membuat mereka tertawa karena tak menemukan letak kelucuannya. Bingung kan? Hahaha...
Dan kalau suasana sudah mencair, sebaiknya jangan kebablasan bercandanya sehingga melupakan topik pembicaraan yang sebenarnya. Kebanyakan selengekan justru menjadikan kesan negatif. Bisa-bisa mereka mencap kita orang yang tidak serius berbisnis. Kan Anda datang untuk membahas problem bisnis, bukan open mic. Kecuali Anda memang datang sebagai bintang tamu program stand up comedy
Untuk mencari materi lelucon, tak perlu membuat atau mengarangnya sendiri. Di internet banyak beredar kumpulan anekdot, dongeng lucu unik kocak gokil konyol, meme parodi, naskah stand up comedy dan lain-lain. Buku-buku humor juga mampu ditemukan di toko buku. Kaprikornus tak perlu khawatir kehabisan stock materi berkelakar
Baca juga: Unik
Yang perlu dipelajari hanyalah cara memberikan gurauan tersebut. Sebab, selucu apapun sebuah dongeng humor, kalau yang membawakan tidak lihay menyerupai orang lagi kumur-kumur, yang mendengar juga tak akan mampu tertawa lepas. Kecuali Anda kasih duit ratusan ribu bagi siapa saja yang sudi ngakak dengar celotehan Anda
💬 😆 😁
Demikian sekilas gosip perihal fungsi, manfaat, tujuan humor urusan ekonomi bagi pengusaha. Semoga Anda terhibur. Tapi kalau memang tak cerdik melucu (sama menyerupai saya), ya tak perlu dipaksa. Daripada ditertawakan gara-gara isi banyolannya garing, lebih baik biasa saja. Toh kegunaannya hanya sebagai bumbu pemanis saja. Karena sukse tidaknya urusan ekonomi itu tidak tergantung seberapa cerdik kita melucu, tapi kecakapan kita dalam mengelola bisnis.